Yuk! Kenali Berbagai Manfaat Kelapa Muda untuk Jaga Kesehatanmu

fresh coconuts on shelf for sell:freepik.com

Kelapa merupakan buah yang dikemas dengan nutrisi yang baik untuk tubuh. Manfaat kesehatan kelapa tidak hanya berasal dari airnya tetapi juga dari dagingnya.

Kelapa adalah buah yang diperoleh dari tanaman kelapa (Cocos nucifera). Setiap bagian buahnya sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan gizi dapat digunakan air dan daging buah kelapa. Baik air maupun daging mengandung beberapa nutrisi, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengutip dari jurnal Coconut (Cocos Nucifera L.: Arecaceae): in Health Promotion and Disease Prevention oleh Shyamapada Mandal, dkk, buah kelapa muda memiliki potensi dalam menjaga kesehatan tubuh serta mencegah berbagai jenis penyakit.

Manfaat kelapa muda untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

  1. Bantu Cukupi Nutrisi Harian

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, kelapa muda mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari protein, karbohidrat, hingga lemak.

Buah kelapa juga kaya akan beberapa jenis mineral, seperti zat besi, magnesium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Meskipun tidak sebanyak kandungan mineralnya, buah kelapa muda juga menawarkan beberapa jenis vitamin, seperti asam folat, tiamin, dan vitamin C.

  1. Berperan sebagai Elektrolit

Elektrolit merupakan jenis mineral yang memainkan peran penting untuk menjalankan fungsi tubuh, mulai dari meningkatkan aktivitas otak hingga mendukung pertumbuhan dan regenerasi sel-sel dalam tubuh.

Buah kelapa muda bisa berperan sebagai elektrolit untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, buah ini sarat akan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Selain itu, makan buah kelapa muda dapat membantu menyeimbangkan jumlah elektrolit dalam tubuh. Ketidakseimbangan jumlah elektrolit dalam tubuh bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti mual, muntah, lemas, hingga pingsan. Hal ini tentunya perlu dihindari karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kelapa muda mampu membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan mineral, khususnya kalium yang berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung.

Air kelapa muda membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan meningkatkan kadar kolesterol baik. Tak hanya itu, konsumsi minyak kelapa murni juga bermanfaat untuk melindungi kerusakan sel akibat oksidasi dari kolesterol jahat.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Air kelapa muda juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Pada penderita hipertensi, air kelapa bisa menjadi minuman sehat yang membantu menurunkan tekanan darah.

Air kelapa muda menawarkan kalium dalam jumlah yang tinggi, yakni sekitar 160 mg. Kalium membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga mampu mengatur tekanan darah dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kelapa muda dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan faktor risiko penyebab penyakit jantung, yakni dengan mengontrol kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, buah ini juga mampu melindungi jaringan dalam jantung dari radikal bebas.

Buah kelapa muda menawarkan berbagai macam antioksidan, seperti fenolik dan flavonoid. Senyawa ini mampu menangkal radikal bebas dan mencegah munculnya kerusakan sel-sel dan jaringan dalam jantung.

  1. Mendukung Penurunan Berat Badan

Air dan daging kelapa muda bisa membantu menurunkan berat badan. Meskipun keduanya mengandung lemak, kelapa muda terbukti efektif dalam menurunkan berat badan dengan memberikan efek kenyang dan mendukung pembakaran kalori serta lemak dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat kelapa muda selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kelapa muda menawarkan mangan dan antioksidan yang berfungsi untuk membangun dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Senyawa tersebut juga mampu melindungi tubuh dari peradangan.

  1. Mencegah Infeksi

Dalam beberapa penelitian, buah kelapa muda terbukti efektif dalam mencegah infeksi. Asam lemak dalam kelapa muda memiliki efek antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi peradangan dalam tubuh.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan mampu melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi. Kelapa muda juga diyakini memiliki sifat antimikroba yang mampu mencegah infeksi serta kerusakan dalam tubuh. Dengan demikian, kesehatan tubuh dapat dijaga dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kelapa muda lainnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Buah kelapa muda yang tinggi akan serat membantu melancarkan buang air besar (BAB), meningkatkan fungsi kerja usus, dan menjaga sistem pencernaan agar tetap bekerja dengan baik.

Buah kelapa juga mengandung lemak baik yang membantu tubuh dalam menyerap berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Air Kelapa?

Air kelapa muda dapat dinikmati kapan saja, baik di pagi hari maupun malam hari. Pada pagi hari, minum air kelapa muda dapat menambah energi yang dibutuhkan tubuh sebelum beraktivitas.

Minum air kelapa muda di pagi hari juga mampu membantu mengurangi berat badan. Pada ibu hamil, konsumsi air kelapa muda di pagi hari membantu meredakan gejala morning sickness yang biasa terjadi pada trimester pertama.

Di malam hari, air kelapa muda mampu membantu menjaga asupan makanan. Pasalnya, minuman sehat ini mampu memberikan efek kenyang, sehingga dapat mencegah seseorang untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan di malam hari.

Air kelapa muda juga disarankan untuk diminum setelah berolahraga karena mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah melakukan aktivitas fisik.

Hindari konsumsi air kelapa muda bagi orang dengan gangguan fibrosis kistik, memiliki kadar kalium yang tinggi dalam darah, serta bermasalah pada organ ginjal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *