Pemberdayaan Masyarakat: Dosen UMY Dampingi UMKM Emping Berbasis Digital Marketing

Pictures by Smarteye.id

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Emping terletak di Ngijon Sendangarum, Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, kondisi UMKM Emping Ngijon, yaitu (1) belum memilikinya sistem pemasaran online untuk peningkatan penjualan berbasis digital marketing; (2) minimnya pengetahuan dan keterampilan UMKM Emping Ngijon terkait branding melalui packaging yang menarik untuk Emping Ngijon.
Pictures by Smarteye.id
Pictures by Smarteye.id

Oleh karena itu, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Adhianty Nurjanah lakukan pemberdayaan masyarakat berupa pelaksanaan berbasis digital marketing atau pemasaran secara online untuk memperluas jangkauan pasar yang nantinya dapat mendorong penjualan produk serta re-packaging produk.

Mengacu pada analisis situasi dan berdasarkan hasil diskusi tim pengabdian bersama Kuliah Kerja Nyata-Program Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) dengan pemilik UMKM Emping Ngijon permasalahan prioritas yang telah disepakati bersama adalah perlu adanya pemasaran secara online untuk memperluas jangkauan pasar sehingga dapat mendorong penjualan produk serta re-packaging produk.
Oleh karena itu, melalui aplikasi digital marketing dengan mengombinasikan berbagai media sosial dapat menjadi salah satu alternatif platform digital marketing yang praktis dan mudah, dengan tetap mengutamakan kesehatan.
Selain itu, untuk mendukung branding dari Emping Ngijon maka memerlukan pelatihan pembuatan packaging yang menarik bagi konsumen.
Serta perlu melaksanakan pelatihan digital marketing bagi UMKM Emping Ngijon agar semakin luas dalam memasarkan produk Emping Ngijon.
Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan perkembangan pemasaran Emping Ngijon melalui digital marketing dan dapat meningkatkan ketertarikan konsumen dengan re-packaging produk agar lebih menarik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *