Keren! Dosen UMY Tingkatkan Efisiensi dan Penghematan Energi Pondok Pesantren Asy-Syifa

Dosen Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rela Adi Himarosa lakukan program pengabdian masyarakat berupa peningkatan efisiensi dan penghematan energi Pondok Pesantren Asy-Syifa.
Pictures by environment-indonesia.com

Asy-Syifa, pondok pesantren sebagai gerakan dakwah dalam Muhammadiyah dalam pembentukan kader-kader pilihan. Pondok Pesantren Asy-Syifa terletak di Kaligondang, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pengabdian ini diharapkan memberi tambahan wawasan dan meningkatkan kesadaran santri tentang pentingnya berhemat dalam konsumsi energi. Membiasakan santri untuk menghemat energi, dan mampu mengurangi beban biaya operasional rekening listrik.

Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) berbentuk Pondok Pesantren dibawah Pimpinan Daerah Kabupaten Bantul tidak hanya pelengkap kebutuhan persyarikatan Muhammadiyah pada ranah Pendidikan.

Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul belum memiliki program untuk peningkatan efisiensi operasional pondok.
Operasional terbesar pondok pesantren Asy-Syifa’ adalah biaya listrik setiap bulannya. Kebiasaan yang memacu pemborosan operasional harus mulai ditertibkan, seperti mematikan lampu saat kondisi terang, kipas angin sepanjang hari, dan penggunaan lampu yang masih boros energi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *