Keren! Dosen UMY Akan Melakukan Pengembangan Kompetensi Guru Menggunakan Canva Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tumin beseta tim akan melakukan pengabdian di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam pemanfaatan media berbasis teknologi dalam proses pembelajaran dengan memanfaatakan platform yang sudah banyak tersedia, salah satunya adalah aplikasi canva.

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur merupakan salah satu sekolah Indonesia yang berada di luar Negeri, tepatnya di kota Kuala Lumpur Malaysia. sekolah ini deiperuntukkan bagi warga Indonesia yang ada di malaysia, sistem pendidikan dari SIKL kurang lebih sama dengan sekolah yang ada di Indonesia, kurikulum yang digunakan juga memakai kurikulum Nasional, tetapi ada sedikit perbedaan yang menyesuaikan dengan kondisis geografis, sumber daya alam, sarana dan prasarana yang ada.

Pemanfaatan teknologi merupakan salah satu sumber daya yang diharapkan mampu meningkatkan keberhasilan pendidikan di SIKL dikarenakan pengembangan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, untuk mengimbangi perkembangan tersebut maka perlu dilakukan juga pengembangan sumber daya khususnya bagi pendidik dalam bidang pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.

Namun, untuk pendidik yang mengajar di sekolah Indonesia luar negeri berdasarkan pengamatan diketahui belum mendapatkan perhatian yang cukup. Oleh karena itu Tumin bersama tim beromitmen untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam menggunakan media berteknologi dalam pembelajaran melalui penggunaan platform yang banyak digunakan, salah satunya adalah aplikasi Canva.

Dipilihnya Canva sebagai media pembelajaran karena Canva merupakan salah satu platform online terbaik untuk mendesain dengan cara mudah dan dapat diakses melalui website ataupun aplikasi mobile, canva menyediakan kelengkapan fitur dan template yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya, misalnya dalam bidang pendidikan banyak ditampilkan desaian-sesain yang terkait dengan dunia pendidikan.

Harapannya setelah diadakan pengabdian ini, para tenaga pendidik SIKL memiliki kemampuan yang bagus dalam menyusun materi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva sehingga hal ini dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan pada akhirnya siswa sangat tertarik dalam mengikuti kegiatan belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *