Edukasi Kesehatan Telinga dan Bahaya Gizi Buruk pada Anak: Dosen UMY Beri Solusi

Pada Rabu (7/2/24), dr. Rizka Fakhriani, MMR., Sp.THT-KL, seorang dosen di Program Studi Pendidikan Dokter, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), memimpin kegiatan pemberdayaan sadar bising dan pencegahan gizi buruk di TK ABA Kentungan, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua siswa TK ABA Kentungan Depok Sleman tentang pentingnya menjaga kesehatan telinga dari kebisingan serta memberikan asupan gizi seimbang pada anak.

Kegiatan berlangsung dari pukul 09.00 hingga 11.00 pagi dan dihadiri oleh sekitar 35 peserta, yang terdiri dari orang tua atau wali siswa TK ABA Kentungan. Materi yang disampaikan terbagi menjadi dua, yang pertama adalah tentang “Sadar Bising” yang disampaikan oleh dr. Rizka Fakhriani. Ia menjelaskan mengenai “Rule of 60:60”, yang mengatur bahwa waktu yang aman dalam mendengarkan suara adalah dengan volume 60% dari maksimum dan durasi maksimal mendengarkan selama 60 menit.

Materi kedua tentang Pencegahan Gizi Buruk disampaikan oleh Dr. dr. Ana Medawati, M.Kes., yang memberikan tips pemberian makanan yang seimbang kepada anak dengan prinsip “Isi Piringku”.

Salah satu peserta mengucapkan banyak terima kasih kepada tim pengabdian dari FK-FKG UMY, ‘Aisyiyah Ranting Condong Catur Barat, dan TK ABA Kentungan, berharap kegiatan semacam ini dapat dilanjutkan di kesempatan berikutnya. Kegiatan ini dianggap memberikan dampak positif bagi para orang tua dalam meningkatkan pemahaman mereka terkait paparan kebisingan dan memberikan nutrisi yang tepat kepada keluarga.

Kegiatan berjalan lancar, dan pada sesi diskusi banyak peserta yang aktif menyampaikan berbagai hal terkait materi yang disampaikan. Ini menunjukkan antusiasme dan minat yang tinggi dari peserta dalam mengambil manfaat dari kegiatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *