Dosen UMY Tingkatkan Efisiensi Administrasi Sekolah dengan Teknologi Sidik Jari

Slamet Riyadi,  dosen Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SD Muhammadiyah Sangonan 1 Godean, Sabtu (8/4/23). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada guru dan karyawan tentang penggunaan teknologi pengolahan citra melalui presensi sidik jari guna meningkatkan efektivitas administrasi sekolah.

Acara dimulai dengan sambutan dari Slamet, ketua tim pengabdian, dan Tukiyadi, Ketua Majelis Disdakmen PCM Godean. Selanjutnya, dilakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai manajemen administrasi sekolah, penggunaan teknologi pengolahan citra untuk presensi sidik jari, tata cara penggunaan alat presensi, dan pengolahan data presensi. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan karyawan dengan antusias.

Dalam pelaksanaannya, Slamet Riyadi dibantu oleh beberapa tenaga ahli, antara lain Dyah Mutiarin dari Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY, Cahya Damarjati dari Program Studi Teknologi Informasi UMY, dan Shofwatul ‘Uyun dari Program Studi Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA).

Siti Zakiyah, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Sangonan 1 Godean, mengucapkan terima kasih kepada UMY atas pelatihan mengenai penggunaan alat presensi sidik jari. Ia mengakui bahwa dengan adanya teknologi tersebut, presensi guru dan karyawan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Dosen UMY Tingkatkan Efisiensi Administrasi Sekolah dengan Teknologi Sidik Jari (1)

Selain pelatihan, UMY juga memberikan bantuan berupa penambahan satu perangkat komputer (PC) untuk sekolah. Hal ini merupakan salah satu upaya UMY melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) dalam mendukung pengabdian dosen kepada masyarakat. Dengan adanya komitmen seperti ini, UMY menunjukkan dedikasinya dalam menjalankan catur darma perguruan tinggi Muhammadiyah.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi administrasi sekolah dan memberikan manfaat bagi SD Muhammadiyah Sangonan 1 Godean.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *