Dosen UMY Terapkan Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Timuran Yogyakarta

Yogyakarta, 5 Februari 2024 – Sebanyak 112 peserta didik dari kelas 4 dan 5 SDN Timuran, Yogyakarta, turut merasakan manfaat dari program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Jati Suryanto, seorang dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Pada kegiatan yang berlangsung di SDN Timuran, Jl. Prawirotaman No. 1, Yogyakarta, dosen yang aktif dalam bidang pendidikan ini membawa inovasi dengan mengenalkan penggunaan modul ajar Bahasa Inggris dalam program ekstrakurikuler. Program ini bertujuan untuk menginisiasi penggunaan modul ajar sebagai sarana pembelajaran Bahasa Inggris di luar kurikulum reguler.

Sebagai bagian dari programnya, Jati telah menyiapkan modul pembelajaran Bahasa Inggris khusus untuk kelas ekstrakurikuler tingkat 4 dan 5. Selain itu, 8 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dari UMY juga turut serta sebagai tutor Bahasa Inggris. Setiap kelas yang terdiri dari 28 siswa dibimbing oleh dua mahasiswa.

Proses pembelajaran di dalam kelas ekstrakurikuler tersebut menggunakan modul yang telah dipersiapkan oleh dosen dan mahasiswa. Harapannya, setelah program ini berakhir, kegiatan pembelajaran dapat terus dilanjutkan dengan dukungan pembiayaan dari APBS SDN Timuran. Sebagai kelanjutan dari program ini, 8 mahasiswa PBI UMY diharapkan dapat terus berperan sebagai tutor Bahasa Inggris.

Tanggapan positif pun datang dari pihak sekolah, para guru, dan orang tua siswa. Mereka merasa terbantu dengan adanya program ekstrakurikuler ini, sementara peserta didik juga menyambut baik pelajaran tambahan Bahasa Inggris. Dengan harapan program pengabdian masyarakat ini dapat berlanjut pada tahun-tahun mendatang, SDN Timuran dan para stakeholder terlibat berkomitmen untuk terus mendukung dan memperluas program ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *