Inovatif, Dosen UMY Dorong Digitalisasi dalam Pengelolaan Sampah

Dalam upaya meningkatkan pengelolaan sampah yang lebih efisien dan modern, Ika Nurul Qamari, dosen Doktor Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), mengadakan kegiatan digitalisasi pengelolaan sampah menggunakan platform Pasti Angkut di Dusun Janganan, Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada (20/5/23) yang ditujukan untuk warga Dusun Janganan Panggungharjo Sewon Bantul.

Acara pendampingan dan sosialisasi layanan digital Pasti Angkut dihadiri oleh warga yang saat ini masih melakukan setoran sampah kering dan setoran retribusi secara manual. Turut hadir dalam acara tersebut pengelola Sedekah Sampah Sido Piknik, pengelola layanan digital Pasti Angkut, serta dosen UMY sebagai ketua pelaksana beserta tim.

Dalam acara tersebut, disadari bahwa meskipun sudah ada platform digital untuk pengelolaan sampah, belum semua warga dapat memanfaatkannya. Dengan menggunakan platform digital, pengelola sampah dapat mendapatkan kompensasi sebesar Rp 2000 per KK, meningkat dari sebelumnya hanya Rp 1000 per KK jika dilakukan secara manual. Selain itu, terdapat juga permasalahan lain yaitu belum dimilikinya rumah pilah. Oleh karena itu, kegiatan abdimas ini menjadi inisiasi pembangunan rumah pilah guna meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan sampah.

Dalam kegiatan tersebut, warga Dusun Janganan Panggungharjo Sewon Bantul menunjukkan antusiasme yang tinggi. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Hibah donasi yang diberikan untuk pembangunan rumah pilah juga disambut dengan sangat baik oleh pengelola sampah dan warga setempat. Diharapkan dengan adanya digitalisasi pengelolaan sampah ini, pengelolaan sampah di Dusun Janganan Panggungharjo Sewon Bantul dapat menjadi lebih efisien dan teratur.

Baca Berita Lainnya: Inovasi Biodigester Portable Kurangi Limbah Organik di Desa Bangunjiwo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *