Dosen UMY Adakan Peningkatan Literasi Kader PKK di Kapanewon Berbah

Kapanewon Berbah merupakan Kapanewon yang terletak di Kabupaten Sleman. Daerah ini mempunyai kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang aktif dalam melaksanakan kegiatan kemasyarakatan. Namun, saat ini kelompok PKK ini mempunyai permasalahan dalam kemampuan literasi, khusunya literasi data dan teknologi. Permasalahan ini berdampak pada efektivitas kegiatan yang dilaksanakan serta kurangnya inovasi yang dilakukan oleh PKK Kapanewon Berbah.

Sumbe by: Suspensos

Dalam mengatasi permasalahan tersebuh dosen Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ane Permatasari akan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Ane bersama dengan tim pegabdi akan memberikan solusi dengan melakukan berbagai kegiatan, di antaranya:

Pertama, mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya kemampuan literasi bagi kader PKK. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang manfaat literasi.

Kedua, mengadakan kegiatan pelatihan kader PKK mengenai literasi data, teknologi, dan kemanusiaan. Pada pelatihan ini tidak hanya menyampaikan materi saja, namun para kader PKK juga diminta untuk praktik langsung mengenai cara meningkatkan kemampuan literasi.

Ketiga, membentuk program untuk menjaga serta meningkatkan kemampuan literasi kader PKK. Program yang akan dilaksanakan berupa diskusi mingguan atau bulanan mengenai isu terkini dan program tidak rutin seperti penyediaan fasilitas membaca di lingkup keluarga.

Monitoring dan evaluasi juga akan dilaksanakan seusai dengan periode yang direncanakan. Monitoring ini berfungsi untuk mengidentifikasi pengabdian terkait dengan jalan program sehingga dapat berjalan sesuai dengan rencana awal.

Kemudian, evaluasi dilakukan untuk menilai capaian akhir dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Pada proses ini juga akan ditetapkan rencana tindak lanjut untuk beberapa tahun ke depan, untuk melihat keberhasilan dari program pengabdian yang dilaksanakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *