Desa Bangunjiwo Bantul Berani Berinovasi dalam Pengelolaan Sampah Menuju Desa Sehat

Titiek Hidayati, dosen Program Studi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan kapasitas keluarga dalam pengelolaan sampah mandiri. Kegiatan tersebut, yang berlangsung di Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, dilaksanakan pada hari Sabtu (10/2/24) yang ditujukan untuk para kader sehat di wilayah tersebut.

kegiatan juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada kader PKK agar lebih terampil dalam mengedukasi perilaku hidup bersih dan sehat, pemilahan sampah, serta pengolahan sampah menggunakan teknologi biopori. Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam pengabdian ini, termasuk pemaparan materi tentang pembuatan pupuk kompos dari sampah rumah tangga, pelatihan penggunaan alat biopori dalam pengelolaan sampah keluarga, dan edukasi mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat serta pembuatan air lindi.

Sebanyak 40 peserta hadir dalam kegiatan tersebut, yang dibagi menjadi tiga sesi. Mereka mengikuti rangkaian acara mulai dari pemaparan materi hingga sesi praktek membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga. Selain itu, kegiatan ini juga dilengkapi dengan pembuatan air lindi menggunakan botol plastik bekas.

Peserta kegiatan menunjukkan antusiasme yang tinggi, terlihat dari keaktifan mereka dalam mengikuti setiap sesi edukasi dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini sangat positif, dengan sebagian peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan mereka tentang pengelolaan sampah yang benar.

Salah satu hasil yang signifikan dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan peserta tentang penggunaan bahan sederhana seperti pipa biopori dan botol air lindi untuk mengelola sampah. Selain itu, peserta juga mulai lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, dengan mengikuti skrining kesehatan secara rutin dan mandiri.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah secara mandiri akan semakin meningkat, sehingga dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi masyarakat Desa Bangunjiwo.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *