Cegah Dampak Negatif Game Online pada Anak

Pemanfaatan teknlogi saat ini sudah digunakan hampir seluruh aktivitas manusia, dimulai dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali. Selain dapat membantu aktivitas kehidupan manusia, teknologi juga berfungsi sebagai media hiburan salah satunya permainan game online. Namun, banyak dampak negatif yang disebabkan oleh game online, sehingga menimbulkan kekhawatiran para orang tua.

(Sumber Foto: Portal Jogja)

Apabila diperhatikan lebih mendalam, game online juga memiliki sisi positif, seperti  anak menjadi cepat tanggap atas suatu masalah, berani mengenal baru, dan adaptif. Sedangkan sisi negatif dari game online, seperti anak menjadi acuh terhadap lingkungan, emosi yang tidak terkontrol, boros, dan fisik melemah.

Berdasarkan permasalahan di atas, Azam Syukur Rahamtullah, dosen Magister Studi Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan melaksanakan kegiatan pengabdian dengan memberikan edukasi kepada orang tua mengenai dampak postif-negatif dari game online serta cara mengatasi anak yang sudah kecanduan game online. Program pengabdian ini akan dilaksanakan di desa Kalisemo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo.

Azam bersama dengan tim pengabdian akan menawarkan solusi dalam mengatasi dampak negatif yang disebabkan kecanduan game online dengan mengadakan kegiatan sosialisasi dan pendampingan. Melalui kegiatan ini diharapkan orang tua menjadi paham mengenai cara menangani masalah terkait dampak dari game online.

Sebagai pedoman nantinya, juga akan dibuatkan video pembelajaran yang berisi materi mengenai dampak game online dan bagaimana cara tepat orang tua serta anak dalam menyikapi permasalahan yang disebabkan oleh game online.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *